Social Icons

11 June 2011

JASAD ORANG KUDUS YANG TETAP AWET HINGGA SAAT INI

Sekedar menjaga agar foto-foto orang-orang Kudus ini tidak hilang jika yang empunya foto-foto menghapus postingannya atau menghapus blognya. Data lainnya juga berasal dari http://bughisy-anda.blogspot.com

Selama bertahun-tahun Gereja Katolik Roma telah menemukan jenasah/jasad beberapa orang kudus yang masih dalam keadaan utuh. Berikut ini saya postingkan daftar orang kudus yang hingga kini kondisi mayatnya masih utuh dan menjadi tujuan para peziarah.
Memang ada juga jenazah orang Kudus yang diberi lilin agar tetap awet dan ada juga yang tidak diberi obat/zat apapun.


Sto. = Santo
Sta. = Santa

Berikut Santo/Santa yang jasadnya tetap awet hingga saat ini:


Santo Silvan (meninggal kurang lebih tahun 350)
Tidak banyak yang diketahui tentang Santo Silvan kecuali bahwa ia menjadi martir pada abad keempat. Pada tubuh (mayat) utuhnya, tampak bekas tebasan besar di lehernya, sebuah petunjuk jelas untuk kemartirannya. Salib bordir di bagian depan jubanya menunjukkan bahwa ia mungkin telah menjadi imam atau pastur. Tubuh Santo Silvan yang masih utuh sampai sekarang ditempatkan di Gereja St Blaise di Dubrovnik, Kroasia.


Santa Clara dari Assisi 

Terlahir dari keluarga kaya di Assisi, Italia, 16 Juli 1194, Clara kecil sudah membenci dengan gaya hidup orang kaya. 20 Maret 1212 dia kabur dari keluarga untuk masuk biara San Damiano dan menjalani hidup sangat sederhana. Ketika pasukan Frederick II menghancurkan lembah Spoleto, 1234, Suster Clara ikut mengusir para serdadu hanya dengan mengangkat 'Piala Sakramen Maha Kudus' membuat para serdadu silau dan lari terbirit-birit.
Santa Clara meninggal di Assisi 11 Agustus 1253. Baru pada 23 September 1850, peti jenazahnya digali dan dibuka. Daging dan pakaian susternya masih utuh. Tubuhnya sekarang disimpan di ruang bawah tanah Santa Chiara, Italia.




Santa Zita

Saint Zita (c. 1212 - 27 April 1272) adalah santa pelindung para pelayan dan pembantu rumah tangga. Dia juga mengimbau agar dapat membantu menemukan kunci hilang. Zita sering berkata kepada orang lain bahwa pengabdian adalah salah jika malas.
Terlahir di Monsagrati,Tuscany - Italia tahun 1212, Zita kecil sudah menjadi budak di keluarga Fatinelli sejak usia 12 tahun, dengan perlakuan tidak manusiawi. Setelah dibaptis secara Katolik, dia tetap melakukan pekerjaan budaknya dengan sungguh-sungguh karena menganggapnya sebagai pembuktian iman kepada Tuhan. Moto hidupnya: pengabdian adalah palsu jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh. Selama hidup dia mengabdikan diri untuk membantu kaum budak. Ketika wafatnya, 27 April 1272, banyak yang melihat malaikat di atas loteng kamarnya. 
Tubuhnya digali tahun 1580, ditemukan sepenuhnya utuh. Oleh Gereja Katolik, Zita dikanonisasi (diangkat sebagai orang kudus) tahun 1696, dan menetapkan tanggal 27 April sebagai hari Santa Zita. Hingga kini banyak peziarah yang bisa melihat tubuh 'incorrupt' (utuh) Santa Zita di Gereja Basilika San Frediano, Lucca-Italia.




Santa Clara dari Montefalco

Lahir 1268 dari keluarga kaya namun beragama di Montefalco, Italia. Clara kecil dikenal sangat cerdas dan patuh kepada agama. Memutuskan untuk masuk biara di usia muda dan mengabdikan diri untuk kehidupan beragama. Hingga kemudian suster Clara diangkat menjadi kepala biara. Kedekatannya dengan Tuhan - dikatakan - membuatnya bisa bercakap-cakap langsung dengan Tuhan.
Meninggal 17 Agustus 1308 akibat penyakit hati yang aneh. Sebelum meninggal suster Clara berpesan kepada adik-adiknya agar mengambil 'hati' nya untuk menemukan salib Kristus. Operasi dilakukan untuk mengambil organ hati nya dan hingga kini baik 'hati' maupun tubuhnya masih tetap utuh, tersimpan di Gereja Salib Suci di Montefalco, Italia.




Santa Agnes dari Montepulciano
Agnes kecil masuk biara Montepulciano. Empat tahun kemudian, Paus meminta agar ia membantu mendirikan sebuah biara baru di Procena, dan pada usia lima belas, ia menjadi superior biara. Suster Agnes, diberkati dengan berbagai visi, menerima Ekaristi Kudus dari seorang malaikat dan memegang Bayi Yesus dalam pelukannya. Dia meninggal pada tahun 1317, dan tubuhnya sepenuhnya utuh tersimpan di Gereja St Agnes di Montepulciano, Italia.


Santa Margaret dari Castello
Margaret (1287-1320) terlahir cacat; bungkuk, cebol, buta dan lumpuh. Tak ada yang mampu menyembuhkannya. Orang tua Margaret memasungnya selama 14 tahun di dalam sebuah ruangan di samping kapel, dia tidak bisa melarikan diri tapi bisa menghadiri misa kudus harian dan menerima sakramen-sakramen, dan orang menjulukinya 'orang cacat yang kudus'. Menjalani sepanjang hidup dengan berbaring dan berdoa, Margaret dianugerahi kemampuan untuk menyembuhkan orang cacat. Banyak yang sudah datang kepadanya dan berhasil disembuhkan. Hingga akhirnya Margaret meninggal ditempat pasungannya. Jenasahnya masih utuh dan sekarang disimpan di bawah altar utama Gereja Santo Domenico di Citta-di-Castello, Italia.


Santa Rita dari Cascia
Rita lahir tahun 1381. Ketika berumur 15 tahun, orang tuanya menentang keinginannya untuk masuk biara dan mengawinkannya secara paksa. Rita hidup dengan suami yang kejam, dikaruniai 2 anak yang selalu dipukuli ayahnya. Sebelum meninggal, suaminya sempat bertobat atas bujukan Rita dan menerima Sakramen Perminyakan Suci. Kedua anaknya mati muda, itupun setelah bertobat atas nasehat ibunya. Sepeninggalan suami dan anaknya, Rita menghabiskan 16 tahun sisa hidupnya untuk membiara dan menerima stigmata yang secara fisik sangat menyiksa tubuhnya. Namun senyum kebahagiaan selalu menghiasi wajahnya hingga meninggal 22 Mei 1457. Jenasahnya masih utuh dan disimpan di Gereja Basilika St Rita di Cascia, Italia.


Santa Catherine dari Bologna

Lahir di Bologna, Italia, 9 Maret 1413, dan sejak kecil sangat dekat dengan putri seorang diplomatik Marquis dari Ferrara, sampai akhirnya hubungan mereka terpisahkan ketika sang putri menikah dan Catherine memutuskan untuk masuk biara Fransiskan. Dalam kesehariannya di biara Catherine sangat dikagumi karena kesuciannya. 
Dalam masa puasa tahun 1463, Catherine menjadi sakit keras dan meninggal pada tanggal 9 Maret dan tubuhnya dikubur tanpa peti. Namun 18 hari kemudian kuburnya digali karena orang-orang mencium bau wangi muncul dari liangnya. Tubuhnya ditemukan sepenuhnya utuh dan hingga hari ini, disimpan di Gereja biara Clare Miskin di Bologna. Beberapa tahun setelah kematiannya, muncul penampakan dirinya di biara Fransiskan yang meminta agar jenasahnya diposisikan duduk. Oleh Gereja Katolik Catherine dikanonisasi menjadi seorang  santa pada tahun 1712.




Santa Germaine Cousin

Germaine lahir tahun 1579 di Pibra, Prancis. Ibunya meninggal ketika melahirkannya, dan malangnya lagi Germaine lahir dengan tangan cacat dengan bawaan penyakit kelenjar. Ayahnya menikah lagi, dan oleh istri keduanya Germaine disuruh tinggal di kandang binatang peliharaan supaya tidak menulari saudara-saudara tirinya. 
Kesehariannya Germaine mengabdikan diri sebagai sakristan (orang yang mempersiapkan misa kudus di gereja). Sebagai orang cacat, miskin dan menderita membuatnya sangat dekat dengan Santa Perawan Maria.
Suatu ketika dia membuat sebuah keajaiban. Ketika musim hujan tiba, air sungai pasang menghalangi umat menyebrang sungai untuk pergi ke gereja. Germaine memohon kepada Bunda Maria, dan akhirnya membelah air pasang tersebut sehingga umat bisa tiba di seberang tanpa basah sedikitpun. 
Suatu hari di musim panas tahun 1601, orang menemukan tubuhnya sudah meninggal, terbaring di atas tumpukan ranting anggur kering sebagai alas tidur sehari-harinya. Ia meninggal di usia 22 tahun dan dimakamkan di sebelah gereja tempatnya mengabdi. Tahun 1644, ketika kuburnya digali dan rencananya akan dipindahkan untuk keperluan perluasan gereja, tubuh Germaine ditemukan segar dan utuh. Hingga kini jenasahnya di simpan di Gereja Pibrac, Perancis.




Santo Vincent De Paul

Bercita-cita menjadi seorang pastur. Setelah menamatkan studinya, tahun 1600 Vincent de Paul menerima Sakramen Imamat dan ditugaskan di Marseilles. Suatu ketika, Vincent melakukan perjalanan ke Toulouse, ketika sedang berlayar dia ditangkap oleh bajak laut Turki dan dibawa ke Tunisia untuk dijual sebagai budak. Dia berhasil melarikan diri dan kembali melanjutkan pengabdiannya membantu orang miskin, lumpuh dan sakit hingga akhir hayatnya.
Meninggal 27 September 1660 di usia ke 80 tahun akibat sakit jantung. Kemudian oleh Paus Benediktus XIII, tanggal 13 Agustus 1729 Vincent dinyatakan sebagai 'Beato', dan oleh Paus Clement XII dikanonisasi pada 16 Juni 1737. Jantungnya hingga kini masih utuh sepenuhnya, disematkan di dalam patung lilin tubuhnya dan disimpan di Gereja Gereja St Vincent de Paul di Paris.




Santa Margaret Maria Alacoque

Lahir 22 Juli 1647 di L'Hautecourt, Burgundy - Perancis. Ketika ia masih muda, Margaret disembuhkan oleh mukjizat visi Perawan Maria, yang mendorong dia untuk memberikan hidupnya untuk Tuhan. Pada 1671, dia bergabung dengan Ordo Visitasi di Paray-le-Monial, Perancis. 
Margaret banyak menerima wahyu dari Tuhan selama hidupnya, dan salah satu wahyu termasuk '12 Janji Tuhan' bagi mereka yang mengabdikan diri untuk 'Hati Kudus Yesus'. Santa Margaret Maria Alacoque dinobatkan sebagai pelindung umat untuk Hati Kudus dan pelindung penderita polio. Hingga kini organ hati nya masih utuh dan disematkan dalam patung lilinnya di kapel biara dari Ordo Visitasi di Paray, Perancis.




Santa Veronica Giuliani

Veronica lahir di Mercatello, Urbino - Italia, tahun 1660 dengan nama kecil 'Ursula'. Ia sudah menunjukkan tanda-tanda kesucian yang luar biasa sejak kecil. Ketika berumur 18 bulan, Veronica sudah bisa memaki seorang penjual minyak palsu, "Ini tidak adil, Tuhan melihat Anda!". Di usianya yang ke 3, dia sudah pintar berkomunikasi, dan mulai menunjukkan kasih sayangnya kepada orang miskin.
Ketika dewasa, Ursula jatuh sakit akibat keinginan ayahnya yang memaksanya untuk menikah. Sang ayah mengalah, dan Ursula sembuh. Tahun 1677 dia masuk biara St Clara di Castello dan memilih nama Veronica sebagai nama novisiatnya. Menjalani kehidupan rohani di biara selama 34 tahun memberikannya siksaan fisik luar biasa untuk mendapatkan stigmata; mahkota duri dan salib yang tertusuk di organ hatinya dan membuatnya meninggal di tahun 1694. Dikanonisasi oleh Paus Gregory XVI pada tahun 1839.
Jenasahnya masih tetap utuh dan cantik yang kini disimpan di Biara St Veronica Giuliani di Castello, Italia.





Santo Jean Marie Vianney

Jean Marie Vianney dilahirkan di Perancis, 8 Mei 1786, di masa Revolusi Perancis. Kebanggaanya melihat para pastur yang menyamar di medan perang untuk memberikan Sakramen kepada para serdadu, membuatnya bercita-cita untuk menjadi salah satu dari mereka. Ibunya mendidik dia untuk dekat dengan Bunda Maria, dan selalu berdoa agar putranya kelak menjadi pastur.
Cita-citanya kesampaian, Jean Marie Vianney akhirnya ditahbiskan menjadi Pastur di usia yang cukup muda. Namun pastur-pastur senior tidak mengijinkannya memberi Sakramen Pengakuan Dosa karena masih dianggap terlalu 'bodoh'. Akhirnya Pastur Vianney dikirim (dibuang) ke sebuah kota kecil bernama Ars. Tuhan berkehendak lain. Dari situ, dia memberikan pelayanan kepada setiap orang yang ingin mengaku dosa dan dibantu oleh asistennya, Pastur Philomena, dia mendoakan orang-orang sakit dan melancarkan jalan Tuhan untuk memberi kesembuhan. Berbondong-bondong orang dari seluruh Eropa berdatangan ke Ars untuk mengaku dosa dan minta kesembuhan, membuatnya bekerja hingga 16 jam setiap harinya.
Pastur Vianney meninggal 4 Agustus 1859, seluruh Eropa berkabung kehilangan salah satu Bapa Pengakuan Dosa terbaik pada masa itu. Kuburnya digali tahun 1904, dan jenasahnya ditemukan masih utuh dan hingga kini disimpan di Gereja Basilika Ars.




Santa Catherine Laboure

Lahir 2 Mei 1806 sebagai anak ke 9 dari 11 bersaudara. Ketika ibunya meninggal di usianya ke 9, Catherine langsung mengangkat Bunda Maria sebagai ibu keduanya. Kedekatannya dengan Bunda Maria dan visinya terhadap Santo Vincent de Paul, memberikannya banyak penampakan. Suatu hari Bunda Maria menampakkan diri dan memberinya 'Medali Wasiat' dan berpesan kepadanya. "Semua yang mengenakan medali ini akan menerima rahmat yang besar."
Berkat bantuannya, akhirnya banyak orang jahat yang bertobat dan kembali ke jalan Tuhan. Dalam waktu singkat, 'medali' ini pun disebarkan ke mana-mana.
Catherine meninggal 31 Desember 1876, dan ketika makamnya digali kembali  57 tahun kemudian (1933) jenasahnya ditemukan segar, sama seperti yang pada hari itu dikubur, matanya tetap biru dan indah, posisi lengan dan kaki nya masih lentur seolah-olah ia sedang tidur. Jenasahnya saat ini disimpan di dalam kotak kaca di kapel Putri Kasih di 140 Rue de Bac di Paris, Perancis.




Santa Bernadette Soubirous

Bernadette, lahir tahun 1844 dari keluarga miskin di Lourdes, Perancis. Masa kecilnya sakit-sakitan, pertumbuhannya sangat lambat, begitu pula studinya, karena sakit asma bawaan yang dideritanya.
Suatu hari, 11 Februari 1858, Bernadette dan adiknya pergi mengumpulkan kayu bakar. Di tengah hutan, ia melihat seorang wanita cantik berpakaian biru putih sangat indah, tersenyum kepadanya sambil membuat tanda salib dari rosario terbuat dari gading dan emas. Sontak Bernadette berlutut, mengambil rosario sendiri dan mulai berdoa 'Salam Maria'. Penampakan ini terulang hingga 17 kali, dan dipenampakan terakhir Bunda Maria memintanya untuk masuk ke sebuah gua kecil dan menggali tanahnya dengan tangan. Dari situ muncul air mancur ajaib yang sekarang dikenal dengan 'Mata Air Lourdes'.
Di usia ke 22, Bernadette menjadi biarawan. Bawaanya yang sakit-sakitan membuat suster yang lain sering memarahinya dan menjulukinya sebagai 'pemalas'. Bernadette hanya menjawab,"Tugas saya adalah menjadi sakit."
Suster Bernadette meninggal 16 April di 1879. 8 Desember 1933, Gereja Katolik mengkanonisasi dan menobatkan hari tersebut sebagai perayaan Maria Imakulata. Jenasah Santa Bernadette yang utuh sekarang disimpan di Biara Gildard, Nevers - Perancis.




Santo Yohanes Bosco
Bosco dilahirkan di Becchi, sebuah dusun lereng bukit dekat Castelnuovo, Piedmont, Italia, 16 Agustus 1815. Ayahnya meninggal di usianya ke 2, membuatnya harus bekerja keras untuk bersekolah sekaligus menggembalakan ternak. Tahun 1835 masuk seminari di Chieri hingga ditahbiskan menjadi pastur oleh Uskup Agung Franzoni dari Turin. Sejak itu, tugas utamanya adalah mengunjungi penjara dan memberikan pelayanan kepada para gelandangan.

Tahun 1842, Pastur Don Bosco berhasil membuat panti asuhan kecil yang menampung 20 anak. Bulan Maret di tahun yang sama, jumlahnya menjadi 30, dan akhirnya di tahun 1846 Don Bosco harus menyediakan gedung besar untuk menampung lebih dari 400 anak.

Meninggal pada 31 Januari 1888, dan jenasahnya masih utuh disimpan di Biara Basilika Maria Bantuan Kami di Turin, Italia, tepat di samping jenasah utuh Santa Maria Mazzarello.



Saint Maria Mazzarello

Bernama kecil Maria Domenica, ia lahir 9 Mei 1837, di Mornese, Alessandria.  Semasa kecil sudah muncul jiwa kepemimpinannya. Umur 15 tahun masuk ke Asosiasi Putri Maria Imakulata dan memulai kegiatan kerasulannya.Tahun 1872 Don Bosco (Santo Yohanes Bosco) memilihnya sebagai Pemimpin Kongregasional Asosiasi ini. Dia banyak melibatkan kaum muda untuk menjalani kehidupan beragama. Moto hidupnya adalah "Carilah Tuhan, kepadaNya kita datang melalui kehidupan cinta, tanggung jawab dalam pekerjaan, ketulusan dan kerendahan hati,  dan kesederhanaan hidup. " 
Maria Domenica meninggal di Nizza, Monferrato, 14 Mei 1881. Jenasah utuhnya dihormati di Basilika Maria Bantuan Kami, di Turin, Italia.




Santa Maria Goretti

Maria Goretti lahir 16 Oktober 1890 dari keluarga petani di Ferrire, Italia. Mereka mengabdi kepada keluarga kaya Serenelli. Maria adalah seorang pekerja keras membantu orang tua, dan seorang beriman kuat. Keinginannya untuk menerima Komuni Pertama sangat besar dan membayangkan betapa indahnya bisa menerima Kristus dalam Ekaristi Kudus setiap hari.
Putra Serenelli - Alessandro, yang berumur 19 tahun adalah seorang anak yang nakal dan berniat buruk terhadap Maria. Suatu hari, 5 Juli 1902 ia mencoba memperkosa Maria yang dalam keadaan sakit dengan ancaman pisau. Karena Maria menolak, Alessandro menikam Maria sebanyak 14 kali.
Maria dibawa ke rumah sakit, namun jiwanya tak tertolong. Sebelum meninggal, Maria mengatakan kepada Pastur yang memberikan Sakramen Minyak Suci, "Saya memaafkan dia dengan segenap hati saya, dan saya ingin dia datang ke surga!". Maria meninggal sambil tersenyum memandang ke arah gambar Bunda Maria yang ada ditembok rumah sakit.
Kurang dari lima puluh tahun kemudian, Maria Goretti dinyatakan sebagai santa dan martir. Alessandro yang sudah menjalani masa tahanan 30 tahun di penjara turut hadir beserta ibunya untuk acara kanonisasi. Jenasah utuhnya masih tetap cantik dan hingga kini disimpan di Gereja Our Lady of Mercy di Nettuno, Italia.


Saint Teresa Margaret, usia mayat 238 tahun, meninggal tahun 1770
19 Maret 1934, Paus Pius XI mengadakan Beata Teresa Margaret dari Hati Kudus dalam daftar orang-orang kudus. Di Jerman, santo baru ini hampir tidak dikenal di luar Ordo Karmel. Hidupnya tenang dan tersembunyi. Dia meninggal pada 7 Maret 1770 pada usia 22, dan dari umur pendek, dia menghabiskan lima tahun di biara Carmelite di Florence. Dia tidak dilakukan perbuatan yang cemerlang, menarik perhatian, juga tidak reputasinya mencapai dunia yang lebih luas. Dia menghabiskan hidupnya hidup dengan tenang dan dengan kebajikan.





Blessed Pope Piux IX, Usia mayat 130 tahun, meninggal tahun 1878
Paus Pius IX (13 Mei 1792 - 7 Februari 1878) 
Memerintah sebagai Paus Gereja Katolik Roma dari pemilihan di 16 Juni 1846, sampai kematiannya lebih dari 31 tahun kemudian pada tahun 1878. Pius IX terpilih sebagai kandidat dari sayap liberal dan moderat di College of Cardinals, mengikuti kepausan Paus Gregorius XVI. Awalnya simpati untuk reformasi demokrasi dan modernisasi di Italia dan di Gereja, Pius menjadi semakin konservatif setelah ia digulingkan sebagai penguasa temporal dari Negara-negara Kepausan pada peristiwa yang mengikuti Revolusi 1848.


Blessed Pope John XXIII, Usia mayat 45 tahun, meninggal tahun 1963
Paus Yohanes XXIII (Latin: Ioannes XXIII PP; Italia:. Giovanni XXIII), November 25, 1881-3 Juni1963.
Terpilih sebagai Paus Gereja Katolik dan berdaulat di Kota Vatikan pada tanggal 28, 1958. Dia mengadakan Konsili Vatikan II (1962-1965) tetapi tidak hidup untuk melihat itu sampai selesai, meninggal pada tanggal 3 Juni 1963, dua bulan setelah selesainya akhir ensiklik-nya, Pacem in Terris. Dia dibeatifikasi pada tanggal 3 September 2000, bersama dengan Paus Pius IX, para paus pertama sejak Paus St Pius X untuk menerima kehormatan ini.



Beberapa argumen yang bisa diajukan untuk para skeptis

Asumsi skeptis pertama:
Situsasi alamiah (bukan supranatural) kuburan yang mendukung peristiwa Incorrupted bodies.

Pembuktian yang harus mereka lakukan:

  1. mayat Sta. Bernadette haruslah tidak mengalami oksidasi ---> http://www.catholicpilgrims.com/lourdes/  sebaliknya: Rosario St Bernadete teroksidasi ---> situasi semacam ini sudah seharusnya membusukkan jasad Sta. Bernadette tetapi ternyata Jasad Sta. Bernadette tidak membusuk.
  2. Survei jasad-jasad lain di daerah pemakaman yang sama, Jika benar Incorrupted bodies dikarenakan peristiwa alamiah, maka jasad lainpun di daerah yang sama seharusnya mengalami Incorrupted bodies.

Opini Skeptis yang kedua:
Pelilinan

Pembuktian yang harus mereka lakukan:

  1. Bagian yang tidak dililin harus mengalami corruption Bodies, maka asumsi mereka dibenarkan bahwa incorruption bodies terjadi hanya karena pelilinan. Tapi sayang sekali, bagian yang tidak dililinpun tetap utuh, bagian ini tidak dapat disangkal para skeptis. Contoh jelas adalah Sto. John Vianney (http://home.gwi.net/~thefinns/patrick/ar/) yang dililin hanya wajahnya, bagian lain tidak. Toh yang tidak membusuk bukan cuma wajahnya, bagian lain juga "ikut awet". Disamping itu jantungnya juga mengalami Incorruption... http://www.smwa.org/documents/Heart_St_J/. Bagian lain yang tidak membusuk adalah organ dalam, ini penting sebab pengawetan buatan benar2 berhasil hanya kalau organ dalamnya dikosongkan, jika tidak maka bagian organ dalam akan hancur dan tubuh mereka seharusnya mengempis, dan dari mata hidung serta mulut mengeluarkan berbagai cairan sehingga lilinpun bisa rusak. Maka untuk mensukseskan pengawetan buatan, bagian organ dalam harus dikeluarkan (Mummy) tetapi kita bisa lihat sendiri bagaimana berbedanya kondisi Mummy dengan Para Kudus. Hal inipun tidak bisa dijawab skeptis.
  2. Lilin yang digunakan haruslah memang berfungsi sebagai pengawetan. Pelilinan lebih dimaksudkan untuk tata rias Jasad, bukannya untuk mengawetkan. Karenanya, pelilinan agaknya tidak bisa mengawetkan jasad, hanya saja sebagai kosmetik, hanya saja lilin sifatnya awet sehingga para Kudus tidak perlu di permak terus menerus. artinya sekalipun lilin sifatnya sangat lama, apabila tubuh tidak diberi karunia Incorrupted-bodies, tubuh tetap akan merusak maka mereka harus melakukan percobaan dengan jenis lilin yang sama atas jasad lain selama 10 tahun saja dan kemudian dilihat bagaimana hasilnya apakah sebanding dengan para Kudus. Anehnya pembuktian ini tidak dilakukan oleh Skeptis


Hal yang tidak diperhatikan oleh skeptis:
Mereka lupa kalau ada beberapa fenomena Jasad Para Kudus bukan cuma tidak membusuk, tetapi masih ada fenomena lain: mereka mengeluarkan bau harum atau setidak-tidaknya tidak mengeluarkan bau busuk. Keharuman di sana bukan keharuman yang bisa ditemui di dunia ini, karena itu diberi nama "Keharuman surgawi".

Kalau skeptis berasumsi itu adalah keharuman buatan, maka mereka harus membuat/menemukan parfum/wewangian yang sama, jika sudah ditemukan (kalau memang ketemu) mereka harus bisa menunjukkan zat kimia pembentuk wewangian itu juga ditemukan di tubuhnya. Hal ini masih gagal dilakukan para skeptik hingga saat ini.




Tuisan lainnya bisa Anda baca di:
http://www.carmelia.net/index.php/artikel/spiritualitas/132-jenazah-yang-tak-rusak-benarkah-bukti-kekudusan 

83 comments:

Mino said...

Suatu Mujizat yang diberikan pada orang-orang kudus, bagus postingnya.

Anonymous said...

My brother suggested I may like this website. He was totally
right. This put up truly made my day. You can not believe just how so much time I had spent for this
info! Thank you!
Feel free to surf my weblog : Real money Roulette

Anonymous said...

It's amazing to pay a visit this website and reading the views of all friends concerning this article, while I am also zealous of getting familiarity.
Here is my webpage ... best online casinos usa

Penginapan Murah Jakarta said...

aku cinta iman katolik ku dan tidak akan ku tukarkan dengan apapun juga...Bapa..terimalah persembahan dari hati yang kecil ini.

Anonymous said...

First of all I want to say wonderful blog! I had a quick question that I'd like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head before writing. I have had a difficult time clearing my thoughts in getting my thoughts out there. I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes tend to be wasted simply just trying to figure out how to begin. Any ideas or hints? Thanks!
Take a look at my website ... no download slot games

Anonymous said...

I enjoy, cause I found just what I was looking for.
You have ended my four day lengthy hunt! God Bless you man.
Have a nice day. Bye
Look into my homepage play blackjack online for money

Anonymous said...

Hello it's me, I am also visiting this website on a regular basis, this website is actually good and the users are in fact sharing fastidious thoughts.
Look at my homepage :: Best Online Blackjack Sites

Anonymous said...

It's going to be end of mine day, however before end I am reading this fantastic piece of writing to improve my know-how.
Feel free to visit my web site :: online casinos usa

Anonymous said...

I always emailed this blog post page to all my friends,
for the reason that if like to read it then my links will too.
My website :: no download slot games

Anonymous said...

Attractive component of content. I simply stumbled
upon your weblog and in accession capital to claim that I
acquire actually enjoyed account your blog posts.

Any way I'll be subscribing for your augment and even I achievement you access persistently rapidly.
My web site :: free money play slots

Anonymous said...

Hi! Quick question that's totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My web site looks weird when browsing from my iphone. I'm trying to find a
template or plugin that might be able to correct
this problem. If you have any suggestions, please share.
Thank you!
Also visit my web-site real online blackjack for money

Anonymous said...

Great blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
I'm hoping to start my own website soon but I'm a little lost
on everything. Would you advise starting with a free platform like Wordpress or go
for a paid option? There are so many options out there that I'm completely confused .. Any ideas? Bless you!
Feel free to surf my page : on Line blackjack For money

Anonymous said...

I needed to thank you for this wonderful read!
! I definitely enjoyed every bit of it. I have
you book marked to look at new stuff you post…
Review my web page ; online job opportunities

Anonymous said...

Howdy! Do you know if they make any plugins to help with
SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm
not seeing very good results. If you know of any please share.
Many thanks!
My web page : best usa online casinos

Anonymous said...

This blog was... how do I say it? Relevant!! Finally I've found something that helped me. Appreciate it!
Also visit my blog ; play real money roulette online

Anonymous said...

Hi there Dear, are you truly visiting this site daily, if so afterward
you will without doubt get nice experience.
My site > free real cash

Anonymous said...

Its such as you read my thoughts! You appear to understand so much
approximately this, such as you wrote the ebook in it
or something. I believe that you just could do with a few % to power the message house a bit, however instead of that, this is great blog. A great read. I will definitely be back.
My website - online Free jobs without investment

Anonymous said...

What's Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has aided me out loads. I hope to give a contribution & aid other customers like its aided me. Great job.
Feel free to surf my page ; Usa Casinos online

Anonymous said...

Do you mind if I quote a couple of your posts as
long as I provide credit and sources back to your
blog? My blog is in the very same area of interest as yours and my users would
really benefit from a lot of the information you provide here.
Please let me know if this alright with you. Cheers!
Also see my page - fastest payout casino

Anonymous said...

Fantastic web site. Plenty of helpful information here.
I am sending it to some buddies ans also sharing in delicious.
And of course, thank you in your effort!
Here is my webpage : real money blackjack online

Anonymous said...

Hello to all, it's really a pleasant for me to pay a quick visit this web page, it consists of important Information.
Feel free to visit my website ... roulette online for real money

Anonymous said...

Excellent post. I was checking continuously this blog
and I'm impressed! Extremely useful info specifically the last part :) I care for such info a lot. I was seeking this certain information for a very long time. Thank you and good luck.
Visit my webpage - win real money for free online

Anonymous said...

I truly love your site.. Excellent colors & theme. Did you develop this website
yourself? Please reply back as I'm planning to create my own personal blog and want to know where you got this from or just what the theme is named. Thanks!
Here is my web-site ... best online roulette sites

Anonymous said...

Good day! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm undoubtedly enjoying your
blog and look forward to new updates.
Here is my blog post :: play blackjack for money

Anonymous said...

I really like what you guys are usually up too. This sort
of clever work and exposure! Keep up the great works guys I've you guys to blogroll.

Feel free to surf to my web site ... online bonus slots free

Anonymous said...

I like it when people get together and share views.
Great website, continue the good work!

My web-site; transcription jobs online

Anonymous said...

Hi there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using
for this site? I'm getting tired of Wordpress because I've had issues
with hackers and I'm looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Also visit my webpage :: win real money playing roulette online

Anonymous said...

Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for supplying this info.


Also visit my web-site :: easiest way to make money online

Anonymous said...

I just like the valuable info you provide in your articles.
I will bookmark your weblog and test once more right here regularly.
I'm fairly certain I will be told lots of new stuff right right here! Good luck for the next!

Here is my web-site :: internet casino usa

Anonymous said...

First of all I want to say terrific blog! I had a quick question
in which I'd like to ask if you don't mind. I was interested to
know how you center yourself and clear your head before writing.
I've had a difficult time clearing my thoughts in getting my thoughts out. I truly do enjoy writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally lost simply just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints? Many thanks!

Feel free to visit my web blog :: trading stock options
My website - best forex trading

Anonymous said...

Why visitors still use to read news papers when in this technological world the whole thing is presented on web?


Also visit my web blog :: online roulette for money

Anonymous said...

My partner and I absolutely love your blog and
find the majority of your post's to be exactly I'm looking for.
Do you offer guest writers to write content available for you?
I wouldn't mind composing a post or elaborating on a few of the subjects you write regarding here. Again, awesome web log!

Here is my blog post :: online slot

Anonymous said...

Aw, this was an incredibly good post. Finding the time and actual effort to
create a good article… but what can I say… I put things off
a whole lot and never seem to get anything done.

Feel free to visit my blog; play roulette for money
My web page: On Line Roulette For Money

Anonymous said...

Greetings from Idaho! I'm bored at work so I decided to check out your website on my iphone during lunch break. I love the knowledge you provide here and can't wait to take a look when I get home.
I'm surprised at how quick your blog loaded on my mobile .. I'm not even using WIFI, just 3G
.. Anyhow, excellent site!

my web-site play real money roulette online

Anonymous said...

Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and
wished to say that I've really enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

Here is my weblog: online jobs from home

Anonymous said...

It's very straightforward to find out any topic on net as compared to books, as I found this article at this web page.

my page :: real money online roulette

Anonymous said...

Hi would you mind sharing which blog platform you're using? I'm planning to start my
own blog in the near future but I'm having a hard time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I'm looking for
something unique. P.S Apologies for getting off-topic but I
had to ask!

My weblog - Free Online Slot Machines For Real Money

Anonymous said...

I'm now not certain where you are getting your information, but good topic. I must spend a while studying more or figuring out more. Thanks for wonderful information I used to be on the lookout for this info for my mission.

Visit my blog play roulette online for money

Anonymous said...

Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good gains.
If you know of any please share. Thank you!

Here is my blog post; online job search engines
my site :: job search online applications

Anonymous said...

Keep on writing, great job!

Here is my site ... how to find a online job

Anonymous said...

My partner and I stumbled over here coming from a different website and thought I
should check things out. I like what I see so now i'm following you. Look forward to going over your web page for a second time.

Feel free to visit my web-site: ideas for making money online

Anonymous said...

Whats up are using Wordpress for your blog platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and set
up my own. Do you need any html coding knowledge to make your
own blog? Any help would be greatly appreciated!



Also visit my web-site - best buy job application online

Anonymous said...

It is appropriate time to make a few plans for the future and it's time to be happy. I have read this publish and if I may I desire to recommend you few attention-grabbing things or advice. Perhaps you could write next articles referring to this article. I wish to learn even more issues approximately it!

Feel free to visit my weblog - online Job Search

Anonymous said...

Simply wish to say your article is as astounding.
The clarity in your post is simply cool and i can assume you're an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the gratifying work.

Also visit my weblog; slot machines buy

Anonymous said...

With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright infringement?
My blog has a lot of completely unique content I've either authored myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the web without my agreement. Do you know any techniques to help prevent content from being ripped off? I'd definitely appreciate it.


Also visit my blog ... make money online casino

Anonymous said...

I every time used to read paragraph in news papers but now as I am a user
of net so from now I am using net for content, thanks to web.


Feel free to surf to my weblog :: casinos online usa

Anonymous said...

Your style is so unique in comparison to other folks I've read stuff from. Thank you for posting when you've got the opportunity, Guess I will just book mark this page.


Here is my web site: real money roulette online

Anonymous said...

It's a shame you don't have a donate button!
I'd definitely donate to this outstanding blog! I suppose for now i'll settle for bookmarking and adding
your RSS feed to my Google account. I look forward to new updates
and will share this website with my Facebook group. Talk soon!


Have a look at my web blog; play blackjack real money

Anonymous said...

I really love your website.. Very nice colors & theme. Did you develop this amazing site yourself?
Please reply back as I'm looking to create my own personal website and want to learn where you got this from or just what the theme is named. Appreciate it!

Here is my web-site where to find A job online

Anonymous said...

Appreciate this post. Let me try it out.

My webpage; play blackjack online real money

Anonymous said...

An outstanding share! I have just forwarded this onto a colleague
who was conducting a little homework on this.
And he actually ordered me breakfast simply because I found it
for him... lol. So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!

! But yeah, thanx for spending time to talk about this matter here on your website.


My blog ... best online job search engines

Anonymous said...

Howdy! This post could not be written any better!
Reading through this post reminds me of my previous roommate!
He continually kept talking about this. I will send this article to him.
Fairly certain he'll have a good read. Thank you for sharing!

Also visit my blog post: options trading system

Anonymous said...

WOW just what I was searching for. Came here
by searching for forex trading software

Take a look at my site: practice forex trading

Anonymous said...

Hey there, You've done a great job. I'll certainly digg it and
personally recommend to my friends. I am sure they will be benefited from this web site.


Also visit my website how to find a part time job

Anonymous said...

Thanks for some other great article. Where else could anyone get that type of information in
such a perfect means of writing? I have a presentation subsequent week,
and I am on the look for such information.

Review my homepage; blackjack online for real money
My site - play for money online

Anonymous said...

Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I've truly enjoyed surfing around your weblog posts. After all I will be subscribing on your feed and I am hoping you write once more soon!

Feel free to surf to my website; online job sites

Anonymous said...

Asking questions are really nice thing if you are not understanding something completely, but this paragraph gives fastidious
understanding yet.

Also visit my blog post ... find a job online in my area

Anonymous said...

Good day! I could have sworn I've visited your blog before but after looking at some of the articles I realized it's new to me.

Anyhow, I'm definitely delighted I came across it and I'll
be book-marking it and checking back regularly!

Also visit my web page ... target job application online
Also see my web page: cvs job application online

Anonymous said...

Marvelous, what a webpage it is! This blog provides helpful
information to us, keep it up.

My site - online fashion jobs

Anonymous said...

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I do not know who you are but certainly you're going to a famous blogger if you aren't already ;) Cheers!



Here is my page ... acheter vues youtube

Anonymous said...

If some one desires to be updated with latest technologies then he must be pay a
quick visit this web page and be up to date all the time.



Here is my webpage - acheter followers

Anonymous said...

Hello! This is kind of off topic but I need some guidance
from an established blog. Is it very difficult to set up your own blog?
I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about
setting up my own but I'm not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? With thanks

Feel free to surf to my web-site: how can i find a job online

Anonymous said...

We're a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website offered us with valuable info to work on. You've done an impressive job and our whole community will be thankful to you.



my webpage ... fx trading signals

Anonymous said...

I couldn't refrain from commenting. Perfectly written!

Here is my website; free play slots no download

Anonymous said...

bookmarked!!, I really like your web site!

My blog post ... real casino online

Anonymous said...

I like the valuable information you provide
in your articles. I'll bookmark your blog and check again here regularly. I am quite sure I will learn a lot of new stuff right here! Best of luck for the next!

Also visit my web blog :: transport spedycja logistyka

Anonymous said...

bookmarked!!, I really like your site!

Here is my blog post ... job online search

Anonymous said...

Hmm it appears like your site ate my first comment
(it was super long) so I guess I'll just sum it up what I submitted and say, I'm thoroughly enjoying your
blog. I as well am an aspiring blog blogger but I'm still new to the whole thing. Do you have any points for beginner blog writers? I'd certainly appreciate it.


Here is my blog; best online casinos for usa players

Anonymous said...

Heya! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks of hard work due to no backup.
Do you have any methods to protect against hackers?

Also visit my blog - how to find a work from home job

Anonymous said...

Attractive section of content. I just stumbled upon your blog
and in accession capital to assert that I
acquire actually enjoyed account your blog posts.
Anyway I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly.

Stop by my site: how to find a legitimate online job

Anonymous said...

Fine way of describing, and good article to obtain facts about my presentation focus,
which i am going to deliver in university.

my blog best online blackjack sites

Anonymous said...

I used to be able to find good information from
your content.

My web page How to search for a job online

Anonymous said...

Nice weblog here! Also your website loads up very fast!
What host are you the use of? Can I am getting
your associate hyperlink for your host? I desire my site loaded up as quickly as yours lol

Also visit my site ... real online slots for money

Anonymous said...

What's up, of course this piece of writing is in fact fastidious and I have learned lot of things from it concerning blogging. thanks.

Here is my homepage; job online search

Anonymous said...

It's a pity you don't have a donate button! I'd certainly donate to this excellent blog! I suppose for now i'll settle for book-marking and adding
your RSS feed to my Google account. I look forward to new updates and will share this site with my Facebook group.
Talk soon!

Also visit my web page - forex trading signals free trial

Anonymous said...

Hello very nice blog!! Man .. Excellent .. Wonderful ..

I'll bookmark your website and take the feeds also? I am satisfied to find numerous helpful info right here within the publish, we want work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Feel free to visit my webpage :: online casino real money

Anonymous said...

Good response in return of this difficulty with firm arguments and telling the whole thing
about that.

Feel free to visit my webpage how to find a job in san francisco

Anonymous said...

Peculiar article, exactly what I needed.

Feel free to visit my page :: how to find a online job

Anonymous said...

I drop a comment each time I especially enjoy a post on a blog or if I
have something to contribute to the discussion.
Usually it's caused by the fire communicated in the post I looked at. And after this post "JASAD ORANG KUDUS YANG TETAP AWET HINGGA SAAT INI". I was moved enough to drop a thought :-) I actually do have a few questions for you if it's okay.
Is it just me or does it appear like some of these responses come across as if they
are left by brain dead visitors? :-P And, if you are writing on additional places, I'd like to follow everything new you have to post. Could you list the complete urls of your shared pages like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

my website - http://www.youtube.com/watch?v=o2HHRyRCXPU

Anonymous said...

Thanks for one's marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you happen to be a great author. I will be sure to bookmark your blog and will often come back from now on. I want to encourage you to ultimately continue your great writing, have a nice holiday weekend!

Feel free to visit my web site: http://www.youtube.com/watch?v=SURixz0EWOA

Anonymous said...

Yes! Finally someone writes about sparingly.

Feel free to visit my web site; t-shirts

Anonymous said...

Thanks for your personal marvelous posting!
I actually enjoyed reading it, you could be a great author.
I will always bookmark your blog and definitely will come back in the future.

I want to encourage you continue your great posts, have a nice morning!


Feel free to surf to my site :: fans facebook français

Unknown said...

Sungguh ajaib Kuasa Tuhan Yesus.