Social Icons

25 May 2014

7 Hari Sehatkan Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh yang patut mendapatkan perhatian lebih. Penyakit Paru-Paru termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak melanda masyarakat.


Penyakit ini digolongkan sebagai jenis penyakit dalam, sehingga tidak bisa dilihat oleh mata secara langsung. Namun, efek yang ditimbulkan pada manusia lainnya cukup terasa. Walaupun sebagian besar orang yang mengalami masalah pada paru-paru bisa sembuh dengan pengobatan tertentu, tetapi bukan berarti Anda boleh menganggap remeh penyakit ini.

Nah, agar Anda terbebas dari penyakit paru-paru, berikut aktivitas 7 hari yang bisa Anda lakukan agar kesehatan paru-paru Anda tetap terjaga:

Senin – Berhenti Merokok

Jika Anda rajin menyuplai asap ke paru-paru, sebelum mendapatkan efek terburuk segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebuah penelitian di Harvard menyebutkan, hanya dengan mengisap 10 batang rokok per hari, Anda bisa kehilangan 2 persen kemampuan paru-paru per tahunnya.

Selasa – Latih Otot Dada

Untuk mencegah kemerosotan postur tubuh dan meningkatkan kapasitas paru-paru, tambahkan gerakan back extension pada sesi pendinginan setelah latihan.

Rabu – Interval Training

Anda perlu mencoba interval training untuk membangun kemampuan aerobik. Caranya, lakukan lari cepat (sprint) dalam 30 detik, jalan cepat 60 detik, lakukan berulang hingga 5-10 menit. Selain meningkatkan kemampuan paru-paru dalam menyerap oksigen, latihan ini juga efektif membakar lemak tubuh.

Kamis – Satu Apel Sehari

paru-paru Anda bisa lebih sehat dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari. Sebuah penelitian di Nottingham University menemukan, orang yang makan sebutir apel tiap hari mempunyai kapasitas paru-paru yang lebih baik dibandingkan orang yang jarang makan apel.

Jumat – Perang Melawan Polusi

Perang melawan polusi bisa dimulai dari meja makan. Caranya, cukup tambahkan stoberi, raspberi atau anggur ke dalam mangkuk sereal Anda. Buah-buahan ini mengandung ellagic acid-antioksidan yang bekerja di lapisan paru-paru untuk menetralkan bahan-bahan kimia yang terhidrup saat bernapas.

Sabtu – Manjakan dengan Oksigen

Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk pergi ke tampat-tempat yang memproduksi banyak oksigen seperti taman wisata, gunung atau hutan lindung. Oksigen yang Anda hirup di tempat-tempat tersebut akan memanjakan paru-paru Anda dengan kualitas oksigen terbaik setelah Anda bergelut dengan polusi sepanjang minggu.

Minggu – Istirahat Cukup

Paru-paru juga butuh istirahat. Setelah berbagai aktivitas yang Anda lakukan sepanjang minggu membuat kinerja paru-paru meningkat, kini saatnya mengistirahatkan paru-paru dan seluruh organ tubuh Anda dengan istirahat cukup. Tidur adalah istirahat terbaik yang bisa Anda dapatkan di hari Minggu
Post a Comment