Social Icons

31 March 2011

ANY AUDIO CONVERTER 3.2.1

ANY AUDIO CONVERTER


Any Audio Converter merupakan salah satu program gratis dari AnvSoft (yang berbayar juga tersedia) untuk menkonversi file audio dan video. Ada beberapa input format audio yang didukung seperti MP3, WMA, OGG, AAC, WAVE, M4A, FLAC, APE, MP2, RA, RAM, dan format video yang didukung seperti AVI, WMV, ASF, DVR-MS, MOV, MP4, 3GP, 3G2, QT, M4V, RM, RMVB, FLV, MKV, MPG, DAT, VOB, DIVX, OGM, DV, AMV, VRO, sedangkan output audio yang didukung yaitu MP3, aac, M4a, wav, oog, dan wma. Kalau yang berbayar, fiturnya lebih banyak lagi. Untuk menkonversi ke DRM Anda harus menambah plugin tersendiri dari NoteBurner. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca di www.any-audio-converter.com.
Saya sendiri menkonversi semua file mp3 yang ada di Lenovo S10-3 ini menjadi m4a atau aac karena besarnya file dari kedua type tersebut lebih kecil dari mp3. Ini bisa menghemat ruang penyimpanan terlebih yang menggunakan hand phone. Banyak hp buatan China atau Indonesia sudah mendukung kedua jenis file musik tersebut (m4a dan aac).
Dengan AAC Anda bisa men-download file-file video dari YouTube, Google, MetaCafe dan Nico. Caranya cukup mudah, klik tombol “DOWNLOAD” lalu isikan url dari file video tersebut dan klik tombol “Start Download!”.


Aplikasi ini membutuhkan beberapa program dari proyek MPlayer (itu lho…yang punya Media Player Clasic) dan FFMpeg. Jadi sebaiknya, sebelum menginstal Any Audio Converter install terlebih dahulu install beberapa plugin untuk converter tersebut. Saat menginstal dan memulai proses konversi dengan Any Audio Converter saya tidak menemui masalah. Mungkin karena sudah begitu banyak plugin converter yang saya install ke Lenovo S10-3 ini.
Bagi yang belum mempunyai Any Audio Converter, silahkan download disini.
Untuk memulai konversi file-file audio Anda, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Install AAC ke komputer Anda (sudah pasti).
  • Tampilan awal AAC (disitu sudah tersedia tiga langkah memulai konversi)

  • Klik tombol “ADD MEDIA FILES”.
  • Setelah muncul kotak dialog “Open”, carilah folder tempat file-file audio Anda berada, lalu pilihlah file yang hendak dikonversi. Bisa juga memilih semua file audio dalam folder, caranya bloklah/seleksi seluruh file yang ada (CTRL + A).
  • Lalu klik tombol “Open”. Tunggu beberapa saat.
  • Pilih profil output file yang diinginkan. MP3, aac, M4a, wav, oog, atau wma. Anda juga memilih semua opsi dengan memberi tanda centang (ada 11 jenis format output yang tersedia, tapi sayangnya hanya untuk yang berbayar).

  • Klik tombol “CONVERT” untuk memulai proses ripping.
  • Tunggu hingga file-file tersebut selesai dikonversi. Setelah selesai proses konversi, akan terbuka Explorer tempat file-file hasil konversi tersebut ditempatkan.
Dengan AAC, bisa juga dilakukan trimming file audio dan memutar hanya bagian-bagian tertentu saja. AAC juga mempunyai kelebihan untuk “menggabungkan beberapa file video menjadi satu”. Caranya, bloklah (menggunakan kombinasi tombl CTRL + klik mouse atau menggunakan tombol SHIFT) file-file video yang ada dalam window, lalu klik kanan, klik “Merge Output”. Anda juga bisa “Unmerge” file-file yang digabungkan tersebut.

Sekarang cobalah membandingkan kapasitas dari file-file mp3 dengan file-file hasil konversi tersebut. Manakah yang lebih besar kapasitas/ukuran dari kedua jenis file tersebut. MP3 atau aac/M4a ??? Yang pasti file MP3 Anda ukurannya lebih besar dari kedua jenis file tersebut. Dan juga Anda sudah menghemat kapasitas media penyimpanan Anda.
Untuk setting aplikasi ini, bisa baca panduan secara langsung di menu “Help Contents” atau tekan tombol F1 untuk menampilkan halaman “Bantuan”. Sayangnya halaman “Help” masih dalam Bahasa Inggris. Silahkan terjemahkan sendiri. Saya menggunakan settingan yang sudah tersedia. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa settingan yang bisa membuat noise. Ini bisa membuat kurang merdu lagu-lagu tersebut di telinga.
Oke deh…selamat mencoba.

Bacalah juga tanya-jawab di bawah ini:


FAQs

The following are some frequently asked questions for Any Audio Converter.
Q: Is the program free?
A: Currently, Any Audio Converter is totally free and you need to pay nothing.

Q: I want to convert my iTunes music to mp3, but I cannot add it to the program. Why?
A: The current version of Any Audio Converter cannot support converting protected music, such as music purchased from iTunes store. If you need to convert iTunes music to mp3 or wma, you may try another program, NoteBurner, which can convert iTunes music and other protected music to plain MP3, WMA and WAV easily.

Q: I want to convert my MP4 to other video formats. Does the program support to do this?
A: Any Audio Converter can only support audio output. If you need to convert your videos to videos in other format, you can try Any Video Converter, another free program of Anvsoft.

Q: How to get the support if I have problems with the program?
A: If you have any problems with Any Audio Converter, please contact support@any-audio-converter.com.




21
Post a Comment