Social Icons

19 February 2011

Google WebMaster Tools

Google Web Master Tools merupakan alat/media yang dipakai Google untuk berkomunikasi antara Google dan Anda sebagai Web Master.

Supaya Web Master Tools bisa Anda gunakan, Anda harus punya akun email di Google.
Jika Anda sudah mempunyai akun email di Google, baguslah. Anda tinggal menuju ke WebMaster Tools-nya Google.


Dengan Google Webmaster Tools kita dapat mengoptimalkan proses indexing.
Sebagai contoh apakah anda pernah melihat suatu “website yang memiliki halaman yang dalam”, maksudnya dari:

Halaman Depan -> Category -> Catalog -> Product

Dimana halaman product tersebut tidak mendapatkan link dari halaman depan, bot google pasti akan sangat kesulitan mencapai halaman product untuk mengcrawl nya. Nah disinilah salah satu keuntungan apabila kita menggunakan Google Webmaster Toolskhususnya tools yang bernama “Google Sitemap” dan tentunya kalau bisa anda juga membuat halaman web menjadi user search engine friendly. Fungsi lebih lanjut tentang “Google Sitemap” akan saya jelaskan di bawah ini:


1. Google Sitemap: adalah sitemap yang berisi daftar url website kita. Fungsinya adalah mempermudah bot google untuk masuk dan meng-crawl-nya, halaman halaman yang telah kita sediakan url-nya di atas. Seperti yang telah saya sebutkan tadi di atas, tentang “website yang memiliki halaman yang dalam, google bot akan sangat kesulitan masuk dan meng-crawl halaman product, nah karena kita sudah menyediakan URL Halaman Product di Google Sitemap maka google bot mudah mencapainya.

Komponen dalam Google Sitemap:
loc : isi dengan URL anda
lastmod : isi dengan tanggal terbaru, formatnya th-bln-hari contoh 2010-10-05
changefreq : isi dengan frekwensi perubahan ex. always, daily, weekly
priority : tentukan prioritas antara 0.1 – 1.0
Contoh :
<?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″?>
<urlset xmlns=”http://www.google.com/schemas/sitemap/0.84″>
 <url>
  <loc>http://www.ilmuwebsite.com/</loc>
  <lastmod>2007-10-05</lastmod>
  <changefreq>always</changefreq>
  <priority>1.0</priority>
</url>
<url>
  <loc>http://www.ilmuwebsite.com/sitemap/</loc>
  <lastmod>2007-10-05</lastmod>
  <changefreq>daily</changefreq>
  <priority>1.0</priority>
</url>
<url>
  <loc>http://www.ilmuwebsite.com/gb/</loc>
  <lastmod>2007-10-05</lastmod>
  <changefreq>always</changefreq>
  <priority>0.9</priority>
</url>
</urlset>
2. Robot.txt. 60 % pasti anda semua sudah mengetahui Robot.txt. ya.. Robot.txt adalah suatu file yang berisi restrict / peraturan yang di tujukan kepada bot / crawler agar tidak mengindek suatu halaman website atau directory atau bahkan seluruh struktur website, tergantung restrict nya, dalam Google Webmaster Tools juga ada Robot validator-nya
3. Link. Pada menu link anda dapt melihat daftar inbound link, internal page, dan anda juga bisa melihat seberapa banyak halaman website anda yang telah di index oleh Google
4. Domain Preference. Domain Preference adalah pemilihan awalan dari domain anda apakah menggunakan “www” atau “tanpa www”
Contoh:
menggunakan www
www.timor-man.comlu.com
tidak menggunakan www
timor-man.comlu.com
Domain Preference sangat berpengaruh dalam Search Engine Result Page
5. Crawl Speed. Anda dapat menentukan akan memperlambat atau mempercepat frekwensi google bot datang ke website anda, jika anda menganggap google bot terlalu sering datang dan menghabiskan bandwidth, maka anda dapat menurunkan Frekwensi nya
Masuk ke google webmaster tools anda harus punya Google Accounts, bahasa lain anda paling tidak harus punya Google Email
Ini link nya menuju Google Webmaster tools:
http://www.google.com/webmasters/
atau
http://www.google.com/webmasters/tools/
Masih banya fungsi-fungsi yang lain dari Google Webmaster Tools.
Untuk melihat blognya : Official Google Webmaster Central Blog.
Sumber: ilmuwebsite
Selamat beraksi...
Post a Comment