Social Icons

18 February 2011

TIPS MERAWAT FLASH DISK

Ini ada beberapa tips untuk merawat flash disk:


  1. Melakukan defagment isi flash disk secara teratur: Caranya klik kanan pada flaskdisk, [properties], pilih menu [tools] kemudian klik tombol [defragment now], pilih drive flash disk Anda kemudian klik tombol [defragment]
  2. Jangan mencopot flash disk tanpa me-reject-nya. Me-reject flash disk caranya: klik kanan drive flash disk, kemudian pilih opsi [eject]. # klik kanan pada ikon removable disk di sudut kanan bawah, didekat tulisan jam.Kemudian klik [safely romove hardware] klik [stop] kemudian [close]. # klik dua kali (double click) pada ikon removable disk di sudut kanan bawah,, didekat tulisan jam.Kemudian klik [safely romove hardware] klik [stop/eject] kemudian [close]. # klik kiri pada ikon removable disk di sudut kanan bawah, didekat tulisan jam. Kemudian klik [safely remove USB Storage....] (cara ini lebih praktis)
  3. Copot flash disk terlebih dahulu sebelum merestart atau men-shutdown komputer.
  4. Hindari memasang flash disk teralu lama.
  5. Hindari benturan keras pada flash disk

Biasanya sering kita alami flash disk kita tidak mau di reject. dan muncul peringatan [Problem Ejecting USB Mass Strorage Device] yang berisi pesan bahwa flash disk Anda saat ini tidak bisa di reject dan Anda disuruh untuk merejectnya lain kali.

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:

  • Anda masih menjalankan file dari flash disk. jadi Anda harus menutup file tersebut terlebih dahulu baru kemudian merejectnya.
  • Ada aplikasi yang sedang melakukan aktifitas penulisan pada flashdisk. Biasanya virus, atau Malware lainnya. Caranya mengatasinya dengan mematikan proses tersebut terlebih dahulu baru kemudian merejectnya. Anda dapat menggunakan cara manual (tombol exit untuk program yang jalan,atau [alt+f4] atau dengan menggunakan task manager [Ctrl+Alt+Del]. Anda bisa juga menggunakan tools yang lain seperti HijactThis, Kill Process, Process Manager. Kemudian matikan proses yang anda curigai berhubungan dengan flash disk. Kalau Anda bingung mana proses yang harus dimatikan, pilih saja proses yang Anda tidak kenali dan mencurigakan, yang dijalankan bukan dari sistem dan bukan pula proses [explorer.exe].


2 comments:

Anonymous said...

velya galyani:
bagaimana menghapus virus trojan yg ada di dalam fd ??

Unknown said...

Minta Anti Virusnya di Julieth. Serial Numbernya nanti ku kirimkan ke email-mu.