Social Icons

01 March 2011

KUPAS TUNTAS "GOOGLE WEB MASTER TOOLS" (1)

GOOGLE WEB MASTER TOOLS

Apa itu "Google Web Master Tools"? "Google Web Master Tools" merupakan sebuah perkakas dari Google untuk mengoptimalkan situs/blog kita. Mengapa Anda harus menggunakan "Google Web Master Tools"? Nah...ini dia, karena perkakas dari Google ini sangat penting buat para "pemburu rupiah/dollar" di Internet, atau yang suka bisnis online. Jika Anda adalah blogger biasa-biasa saja (tidak mencari penghasilan tambahan di internet) maka perkakas ini mungkin tidak penting buat Anda.

Sekarang saya akan memberikan bantuan buat teman-teman yang baru saja (newbie) membuat blog/situs, bagaimana cara menggunakan "Google Web Master Tools". Sebelum menggunakan "Google Web Master Tools", pastikan Anda sudah memiliki akun di Google (akun email paling disarankan).
Oke, sekarang saya asumsikan bahwa blog/situs dan akun email Google sudah punya. Sekarang masuk ke "Google Web Master Tools". Masukkan password akun Google Anda jika diminta. Sekarang kita berada di Beranda Google.
Selanjutnya ikuti panduan berikut ini:
  • Langkah pertama yaitu "Tambahkan situs/blog Anda" untuk memulai. Jika sudah muncul daftar situs/blog Anda, proses selanjutnya yaitu "Verifikasi".
  • Verifikasi situs/blog sangat penting bagi Google. (Untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki situs, Anda dapat menambah meta tag ke home page (membuktikan bahwa Anda memiliki akses ke file sumber), atau unggah file HTML dengan nama yang Anda tentukan ke server Anda (menunjukkan bahwa Anda memiliki akses ke server). Alat Webmaster Google akan memeriksa apakah berkas atau tag ada. Jika Anda dapat mengunggah file verifikasi ke root situs atau dapat menambah meta tag verifikasi ke home page situs Anda, maka Google menganggap Anda adalah pemilih situs dan akan menunjukkan rincian situs. Tiap metode verifikasi memiliki kelebihan masing-masing. Yang ideal adalah memverifikasi dengan meta tag jika Anda tidak dapat mengunggah file ke server Anda. Jika Anda memiliki akses ke server Anda, file HTML dapat diunggah dengan mudah dan cepat. Google menggunakan file verifikasi dari Anda hanya untuk tujuan memastikan Anda dapat mengunggah file ke situs. Baca lebih lanjut tentang komitmen Google terhadap privasi dalam Google Privacy Policy.)
  • Jika Anda sudah bisa masuk ke "Google Web Master Tools", berarti situs/blog Anda sudah diverifikasi oleh Google, tiba saatnya untuk "mengoptimalkan situs/blog". Saya asumsikan bahwa Anda sudah bisa masuk ke "Google Web Master Tools". Berarti sekarang blog/situs sudah ada dalam daftar. Klik pada URL situs/blog Anda (saat ini Anda berada di Beranda), maka Anda akan masuk ke halaman berikutnya untuk memulai proses pengoptimalan blog/situs.
Dalam halaman Dasbord ini, terdapat 2 (dua) jendela-kiri & kanan.

Bagian kiri berisi menu seperti:

"Pesan"
"Konfigurasi Situs"->dalam menu ini terdapat sub menu: Peta Situs/Site Map, Akses perayap, TautSitus, Perubahan alamat, Setelan

"Situs Anda di web"->sub menu yang ada dalam menu ini yaitu: Kueri penelusuran, Tautan ke situs Anda, Kata kunci/Keyword, Tautan internal, Statistik Pelanggan

"Diagnostik"->sub menu yang ada, yaitu: Program Jahat, Galat Perayapan, Statistisk Perayapan, Ambil sebagai Google Bot, Saran HTML

"Lab"->Peta Situs Video dan Kinerja Situs.

Semua menu tersebut akan di bahas pada bagian ke dua.


Sedangkan jendela sebelah kanan berisi informasi seputar situs/blog Anda seperti:

"Kueri/Query Penelusuran"->Kueri ini berisi kueri teratas dan halaman teratas yang berisikan kueri halaman teratas.

"Galat perayapan"->berisi informasi tentang jumlah halaman yang tidak bisa dirayapi oleh Google karena dihalangi oleh file "robots.txt".

"Tautan ke Situs Anda"->berisi informasi tentang situs/blog yang telah membuat tautan ke situs/blog Anda.

 "Peta situs (Site Map)"->berisikan informasi tentang Site Map situs/blog Anda yang sudah diindeks oleh Google.

"Kata Kunci (Keyword)"->berisikan informasi dari kata kunci/keyword yang ada di dalam situs/blog Anda.


(jika ada tulisan yang melenceng, mohon maaf...)
Bersambung....
Post a Comment