Social Icons

02 March 2011

KUPAS TUNTAS "GOOGLE WEB MASTER TOOLS" (2)

GOOGLE WEB MASTER TOOLS

Selamat berjumpa lagi.
Kita lanjutkan lagi. Tanpa basa-basi, kita langsung aja ya....(abisnya...tak ada yang mau pijitin ini jari-jari sehhh.)
  • Masuk ke "Google Web Master Tools"
  • Klik di blog/situs yang sudah diverifikasi
KONFIGURASI SITUS
  • Klik "Konfigurasi Situs" lalu pilih "Peta Situs". Perhatikan di jendela sebelah kanan, disitu belum ada Peta Situs/Site Map Anda. Sekarang kita akan membuat Peta Situs.
  • Klik tombol "Kirim Peta Situs". Lalu isikan nama "Label/Kategori" dari situs/blog Anda.
  • Klik tombol "Mengirim Peta Situs"
Catatan: Untuk membuat Label/Kategori, sebaiknya tidak ada spasi. Karena "Google Web Master Tools" tidak mengenal tanda spasi. Saya sendiri sudah mencoba mengirim Peta Situs dengan Label/Kategori yang ada spasi, hasilnya "Google Web Master Tools" tidak mau menambahkan Label/Kategori tersebut ke Site Map. Hal lain yang perlu diperhatikan, Judul/Titile yang dibuat pertama kali harus sama dengan meta tag yang ada di file HTML, jika berbeda maka "Google Web Master Tools" tidak akan menambahkan Kategori/Label yang Anda kirim.

  • Jika semua sudah sesuai dengan keinginan Google, maka blog/situs Anda akan masuk dalam Peta Situs/Site Map-nya Paman Google. Tapi Anda harus menunggu proses dari Google (sabar menunggu ya...hehehe....)
  • Jika pembuatan Site Map telah selesai, sekarang kita berpindah ke tahap selanjutnya, yaitu: "Akses perayap". Ini berkaitan dengan file: robots.txt yang ada pada blog/situs. File ini sangat penting buat Google dalam penelusuran blog/situs kita. Di bagian paling bawah (Akun Pengguna), pilih halaman perayapan untuk indeks oleh Google. Di situ ada 4 jenis pilihan. Pilih sesuai dengan deskripsi blog/situs Anda. Jika sudah, klik tombol "Tes". Anda bisa mencoba ke-4 pilihan tersebut. Lalu lihat hasil tes di bagian paling bawah. Jika semua teks "disallow" diganti menjadi "allow", maka Anda mengijinkan semua search engine untuk merayapi seluruh direktori/folder--Label/Kategori. (Saat kita membuat sebuah Label/Kategori maka Google secara automatic akan membuat direktori/folder untuk Label/Kategori tersebut.
  • Klik "Menghasilkan robot.txt". 1. Bolehkan semua (pilih pilihan ini agar nantinya Anda bisa mengedit lagi. 2. Tindakan: Ijinkan. User agent: Semua robot. Direktori dan Berkas: ketik / (slash). 3. Unduh/download berkas robots.txt. 4. Upload  ke root dari blog/situs Anda. Selesai....
  • Langkah selanjutnya adalah "TautSitus". TautSitus adalah tautan ke halaman-halaman dalam sebuah situs. Di sini kita bisa melihat, "Apakah situs/blog kita terdapat taut situs atau tidak." Jika tidak ada, jangan berkecil hati, karena Google pintar dalam menampilkan taut situs buat user yang mengunjungi situs/blog Anda. Anda juga bisa membuat taut situs sendiri. Semua sudah disediakan oleh Paman Google.
  • Langkah berikut yaitu "Setelan". Anda bisa memilih "Tidak mengasosiasikan"  pada pilihan satu negara manapun. Caranya, hilangkan tanda centang/cek/contreng yang ada. Tapi ingat!!! Ini hanya berlaku buat domain com atau org. Tapi saya sarankan untuk memilih salah satu target. Sekarang coba perhatikan trafik kunjungan ke situs/blog Anda lebih banyak dari negara mana? Maka pilihlah negara tersebut.
SITUS ANDA DI WEB
  • Tahap berikut: Klik "Situs Anda di Web" lalu klik "Kueri/Query Penelusuran". Disini berisikan info jumlah penayangan dan jumlah klik untuk setiap kueri yang pernah diklik oleh pengunjung. Dan juga berisi info Top Query Penelusuran.
  • Selanjutnya: Klik "Tautan ke situs Anda". Disini berisikan informasi tentang "Siapa yang paling banyak menaut", "Konten yang paling ditaut", dan "Cara data ditautkan--kata/kalimat apa saja yang sudah ditautkan oleh pengunjung". 
  • Kita masuki tahap selanjutnya. Klik "Kata Kunci/Keyword". Berisikan sejumlah kata kunci/keyword yang dikumpulkan oleh Google saat merayapi situs/blog Anda. Daftar teratas adalah kata kunci yang paling banyak ditemukan oleh Google Search Engine. Pada tahap ini, Anda bisa membandingkan kata kunci yang ada di seluruh tulisan Anda dengan meta tag "keyword" dan meta tag "description" yang terdapat pada file HTML anda. Ini sangat penting untuk pengindeksan oleh Google. Ingat!!! Keyword sangat penting untuk PageRank/ranking situs/blog Anda. Google membuat PageRank untuk jenis yang berbeda-beda.
  • Tahap selanjutnya klik "Tautan Internal". Berisikan jumlah tautan yang ada dalam setiap tulisan Anda. Di ranking mulai dari tulisan yang terbanyak tautannya.
  • Langkah selanjutnya yaitu "Statistik Pelanggan", yang berisikan informasi tentang statistik dari pelanggan atau orang yang berkunjung ke situs/blog Anda.
DIAGNOSTIK
  • Tahap "Diagnostik" merupakan tahap untuk mendiagnosa situs/blog Anda. Klik "Program Jahat" untuk mengetahui apakah struktur file yang ada dalam situs/blog Anda mengandung strink yang berbahaya atau tidak.
  • Sekarang klik "Galat Perayapan" untuk mengetahui URL yang tidak bisa diakses oleh Google Search Engine karena dibatasi oleh file robots.txt. Disini juga Anda bisa melihat, "kapan terakhir kali Google merayapi situs/blog Anda", dan juga "kapan data terakhir dimutakhirkan oleh Google". Disini juga berisikan info tentang jumlah URL yang tidak ditemukan oleh Google.
  • Klik "Statistik Perayapan" untuk mengetahui: jumlah halaman yang dirayapi setiap hari, data yang diunduh per hari serta waktu yang digunakan untuk mengunduh sebuah halaman.
  • Tahap selanjutnya yaitu melakukan pengambilan secara manual tulisan Anda/URL agar tampil di Google. Klik "Ambil Sebagai GoogleBot". Masukkan URL tulisan Anda lalu klik tombol "Ambil". Lakukan hal ini setiap kali Anda selesai membuat sebuah tulisan/artikel. Jadi Anda tak perlu berlama-lama menunggu GoogleBot untuk berkunjung ke situs/blog Anda.
  • Sekarang kita masuk ke "Saran HTML" untuk mengetahui apakah "ada potensi masalah pada isi halaman, termasuk tag judul atau deskripsi meta yang bermasalah, hilang, atau rangkap."
LAB
  • Klik "Kinerja Situs" untuk melihat statistik kinerja dari situs/blog Anda. Anda bisa memasang PageSpeed (khusus untuk yang menggunakan browser Mozilla FireFox. Sampai dengan tulisan ini diturunkan, FireFox yang saya gunakan masih tetap lambat.) untuk mengevaluasi kinerja halaman.


Bersambung.....
Post a Comment